Sorake & Lagundri Beach

Tureloto Beach
February 20, 2016
Tello Island
February 22, 2016
Show all

sorakePantai Sorake berjarak 12 kilometer dari Teluk Dalam, Nias Selatan. Tidak berlebihan rasanya bila menyebut pantai ini sebagai pantai terbaik kedua setelah Hawaii. Pantai Sorake terkenal karena gelombang ombaknya yang tinggi dan bergulung, ombaknya mampu mencapai ketinggian sekitar 5 – 10 meter yang memungkinkan para perselancar menari-nari dengan gayanya di setiap tingkatan ombak di Pantai Sorake Nias.

Pantai Sorake Nias yang berhadapan langsung dengan lautan lepas Samudera Indonesia sekaligus sebagai tempat bertemunya teluk yang membuat ombak mengalir besar, dan menyebabkan ombak di pantai ini mampu membawa para surfer tetap berada pada papan selancar hingga berjarak 200 meter, dan karakter ombak seperti ini hanya dapat kita temukan di Pantai Sorake Nias.

Pantai Sorake Nias memiliki pemandangan yang indah serta air laut yang jernih yang dapat memantulkan warna biru yang menawan dengan pasir putih yang bersih. Di sekitaran pantai terdapat batu karang yang membentuk sebuah pemandangan eksotisme yang memikat para pengunjung pantainya.

Berdekatan dengan pantai sorake, terdapat pantai yang tidak kalah indahnya dan dapat menjadi tempat surfing bagi yang ingin bejar surfing atau dengan kata lain Pemula. Berjarak hanya 2 km dari pantai sorake dan dapat ditempumpuh dengan berjalan kaki dengan menyusuri pantai.

lagundri_beach_02Bagi kita yang belum terlalu mahir dengan berselancar dan tertarik untuk belajar, anak-anak muda dari warga masyarakat setempat siap menjadi pelatih. Kita akan diberitahu oleh mereka tentang jenis-jenis ombak yang ada di kawasan Pantai Sorake Nias tersebut. Bagi kita yang baru pemula di harapkan untuk datang di pagi hari, karena ombak di kawasan pantai ini belum terlalu tinggi, sehingga kita tidak perlu khawatir menceburkan diri ke laut.

Sementara bagi kita yang telah mahir berselancar dan akan menguji keberanian menaklukkan ombak di Pantai Sorake Nias di sarankan untuk datang di siang hari atau sore hari. Mengingat pada waktu siang dan sore hari ombak di pantai ini akan besar anginnya, dan otomatis ombak pun akan semakin besar pula.

Transportasi Ke Pantai Sorake dan Lagundri Nias Selatan

binaka_airport_02Untuk menuju kawasan Pantai Sorake Nias kita dapat menggunakan pesawat terbang dari Bandara Internasional Kualanamu ke Bandara Binaka di Gunungsitoli. Kita dapat memilih maskapai penerbangan yang melayani jalur penerbangan tersebut. Saat ini ada 2 maskapai penerbangan yang melayani route Medan – Nias yakni : Garuda Indonesia dan Wing’s Air. Waktu penerbangan ditempuh selama 50 menit. Setelah sampai perjalanan kita lanjutkan dengan menggunakan kendaraan umum menuju Pantai Sorake Nias yang berada di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Untuk menuju Pantai Sorake Nias, kendaraan umum yang bisa kita gunakan berupa mini bus, dan tarifnya relativ murah Rp. 140.000,-. Jalur dari Gunungsitoli menuju ke Pantai Sorake Nias terdapat dua jalur, kita bisa melewati Nias Tengah, Mandrehe terus menuju Lolowau hingga ke Teluk dalam. Dan jalur ke dua menyusuri pantai dengan melewati kota-kota kecamatan yang ada yaitu; Gido, Bawolato, Idangogawo dan Lahusa.

Sebagai alternatif perjalanan yang dapat kita pilih bila kita dari arah Kota Padang, kita dapat menggunakan jalur darat dan udara. Dengan melalui jalur darat kita harus  menuju ke Sibolga selama +/- 6 jam, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Gunungsitoli dengan menggunakan kapal Fery selama +/- 8 jam.  Bila kita akan menggunakan jalur udara, kita dapat menggunakan jasa penerbangan perintis Susi Airyang beroperasi hanya pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Dari Padang transit ke Pulau Telo lalu terbang kembali ke Binaka. Sedangkan untuk biaya penerbangan perintis relativ murah.

Penginapan Di Pantai Sorake Nias

Untuk penginapan di kawasan Pantai Sorake Nias, kita dapat menemukan sebuah penginapan homestay yang berada di daerah sekitar pantai. Terdapat +/- 60 homestay yang berjejer tepat di bibir pantai . Untuk tarifnya relative murah, kta akan mendapatkan harga +/- Rp 100.000,- / malam dengan fasilitas kasur dan bantal, kamar mandi dalam, air bersih, listrik, lipas angin dan kelambu. Sedangkan untuk pilihan penginapan berkelas dengan fasilitas AC, Kamar mandi dalam, Shower panas & dingin sekitar +/- Rp 400.000,-

Sebagai bahan tambahan informasi, jika kita tertarik surfing di Pantai Sorake Nias datanglah pada bulan April – Oktober. Karena pada bulan-bulan tersebut gulungan ombaknya cukup tinggi. Kita pun berkesempatan mengikuti lomba selancar baik tingkat lokal maupun internasional yang biasanya sering diadakan acara antara bulan-bulan tersebut.

Comments are closed.